Close-up of a PlayStation 4 controller.
Photo by Andreas Haslinger / Unsplash

Ketika ingin memulai belajar Coding, tutorial-tutorial bahasa pemrograman umumnya menggunakan terminal atau command line baik untuk menginstall sesuatu, atau menjalankan si program tersebut.

Terminal atau console, merupakan tampilan text (Command Line Interface - CLI) yang bisa kita masukkan sebuah perintah atau program didalamnya. perintah ini biasanya berupa Command Line Shell yang sudah ada pada Operating System yang digunakan baik itu berbasis GNU/LINUX OS, UNIX/MAC OS atau WINDOWS OS. Contoh Command line Shell yang terkenal seperti bash, zsh, ksh, csh, fish shell.

Kali ini kita akan sedikit membahas tentang 3 Perintah shell atau command yang sering  digunakan ketika membuka terminal atau console. Karena menurut pengalaman pribadi saya, 3 perintah inilah yang sering saya ketik atau gunakan selama saya Coding atau mengikuti tutorial lainnya. Ayo kita langsung saja bahas satu persatu.

1. cd

Yang pertama ada perintah cd atau `change directory` adalah perintah untuk berpindah lokasi atau mengganti direktori aktif (current directory) dengan direktori tujuan atau direktori yang diinginkan. Sebagai catatan biasanya ketika pertama kali membuka terminal atau konsol, biasanya kita langsung berada di $HOME direktori user. Sebagai contoh untuk Sistem Operasi GNU/Linux misalnya pada distro Ubuntu, ketika pertama kali membuka terminal, maka active directory nya itu secara default akan ada di /home/<NAMA_USER> atau $HOME  atau `~`. Pada Mac Os default location biasanya ada di /Users/<NAMA_USER>,  Sebagai Contoh kita memiliki struktur folder seperti ini pada tampilan File Manager/Finder atau Explorer:

dan Aktif direktori kita sekarang ada di /home/user, ketika kita ingin berpindah direktori ke Downloads atau menjadikan Downloads sebagai Current Active Directory kita, contoh penggunaan perintah cd seperti ini:

cd Downloads 

untuk berpindah ke direktori diatas nya kita bisa menggunakan ../, contohnya:

cd ..

jika kita lupa nama lokasi sebelumnya, sebelum kita berpindah, bisa menggunakan perintah:

cd -

2. pwd

Yang kedua adalah pwd (Print Working Directory) yaitu perintah untuk menampilkan full path direktori aktif atau current active directory. Untuk melihat ada dimana kita sekarang, bayangkan kita sedang membuka sebuah window File manager atau Explorer, dan kita ada di home direktori, ketika menjalankan perintah:

pwd

maka pada terminal akan terlihat posisi aktif kita sekarang, atau berada dimana posisi kita di file system sekarang. contoh output:

mari kita jalankan perintah:

cd ../
cd Documents
echo $PWD $OLDPWD

maka akan muncul seperti dibawah ini:

apa yang sudah kita lakukan diatas? yup kita sudah memanggil atau menjalankan perintah echo untuk mencetak variable $PWD dan $OLDPWD ke output terminal agar kita mengetahui, dimana kita sekarang dan dimana kita sebelumnya.

3. ls

yang ketiga atau yang terakhir ada perintah ls atau list , kita bisa langsung menjalankan perintah:

ls

sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini:

jika ingin tampilannya lebih detail lagi, kita bisa menggunakan option -l , akan muncul informasi seperti hak akses(permissions), kepemilikan(ownership) ukuran(size) file atau direktori sampai ke tanggal terakhir file atau direktori tersebut di modifikasi:

ls -l

sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini:

untuk melihat semua file / termasuk file yang tersembunyi(hidden file), yang mana untuk OS yang berbasis GNU/Linux atau Unix/Mac OS:

ls -al

kurang lebih outputnya akan seperti ini:

Nah, itulah tadi penjelasan tentang perintah cd , pwd dan ls. Jika ada pertanyaan saran atau kritik silahkan kirim email ke ahmad@syafrudin.com . Mudah-mudahan bermanfaat, Terima kasih dan selamat mencoba di dunia nyata atau di kehidupan kita sehari-hari.